Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan Pj. Gubernur Melepas Jamaah Haji Tahun 1445 H/2024 M

23 0

Palembang, 11 Mei 2024 – Asrama Haji Palembang dipenuhi oleh suasana haru dan penuh keagungan pada Sabtu, 11 Mei 2024, ketika Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., bersama Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Dr. Drs. H.A. Fatoni, M.Si., melepas secara resmi jamaah haji Provinsi Sumatera Selatan tahun 1445 H/2024 M. Acara pelepasan ini dihadiri oleh keluarga para jamaah, tokoh agama, serta pejabat dari berbagai instansi terkait.

Acara pelepasan jamaah haji dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Doa tersebut memohon kelancaran, keselamatan, dan kesehatan bagi para jamaah haji selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Para jamaah, yang mengenakan pakaian ihram, tampak khusyuk mengikuti rangkaian doa dan ceramah yang disampaikan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., menyampaikan pesan-pesan yang penuh makna kepada para jamaah. Beliau menekankan pentingnya menjaga kesehatan, kebersamaan, dan saling tolong-menolong selama menjalankan ibadah haji.

“Keberangkatan haji ini adalah momen yang sangat sakral dan ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam. Saya berharap Bapak dan Ibu jamaah bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyuk, menjaga kesehatan, dan selalu mengingat untuk saling membantu satu sama lain. Kita semua di sini mendoakan agar Bapak dan Ibu sekalian bisa menjadi haji yang mabrur,” ujar Ibu Anita dengan penuh haru.

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Dr. Drs. H.A. Fatoni, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci. Beliau juga menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan dukungan penuh terhadap para jamaah haji, baik dalam persiapan keberangkatan, selama di Tanah Suci, hingga kepulangan kembali ke tanah air.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah haji. Semua persiapan telah dilakukan dengan matang, mulai dari fasilitas di Asrama Haji, kesehatan, hingga pendampingan selama di Arab Saudi. Kami berharap Bapak dan Ibu jamaah dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan kembali ke tanah air dengan selamat serta membawa predikat haji yang mabrur,” kata Pj. Gubernur Sumsel.

Asrama Haji Palembang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan para jamaah sebelum keberangkatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan semua jamaah dalam kondisi prima. Selain itu, para petugas haji yang telah mendapatkan pelatihan khusus juga siap mendampingi para jamaah selama perjalanan dan selama berada di Tanah Suci.

Suasana haru terlihat jelas saat para jamaah berpamitan dengan keluarga mereka. Banyak di antara mereka yang tak kuasa menahan air mata, baik karena bahagia akhirnya bisa menunaikan ibadah haji maupun karena harus berpisah sementara waktu dengan keluarga. Momen ini diabadikan oleh banyak keluarga yang turut hadir untuk memberikan dukungan dan doa restu.

Salah satu jamaah, H. Ahmad Zainuddin, yang berusia 65 tahun, mengungkapkan rasa syukurnya dapat menunaikan ibadah haji tahun ini. “Saya sangat bersyukur dan bahagia akhirnya bisa berangkat haji. Ini adalah impian saya sejak lama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kami para jamaah. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran selama ibadah,” ungkapnya dengan mata berbinar.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Anita Noeringhati dan Bapak Fatoni juga menekankan pentingnya kedisiplinan dan kebersamaan di antara para jamaah. Mereka mengingatkan bahwa ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang memerlukan kesabaran, ketabahan, serta kepatuhan terhadap aturan yang ada.

“Disiplin dan kebersamaan adalah kunci untuk menjalankan ibadah haji dengan baik. Saya berharap para jamaah bisa menjaga kedisiplinan, mengikuti semua arahan dari petugas, dan selalu mengedepankan kebersamaan. Haji bukan hanya tentang ibadah pribadi, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa bersatu dan saling membantu,” tegas Ibu Anita.

Acara pelepasan jamaah haji Provinsi Sumatera Selatan tahun 1445 H/2024 M di Asrama Haji Palembang berakhir dengan prosesi pelepasan secara simbolis. Ibu Anita Noeringhati dan Bapak Fatoni secara resmi melepas keberangkatan para jamaah dengan melambaikan tangan dan menyampaikan doa terbaik. Para jamaah kemudian diantar menuju bus yang akan membawa mereka ke bandara untuk penerbangan menuju Tanah Suci.

Kehadiran Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan Pj. Gubernur Sumsel dalam acara ini menunjukkan perhatian dan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap para jamaah haji. Harapan besar bahwa para jamaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk dan kembali ke tanah air dengan selamat, membawa keberkahan bagi diri mereka dan keluarga.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan para jamaah haji Provinsi Sumatera Selatan dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan memperoleh haji yang mabrur, serta membawa nama baik daerah di kancah internasional.

Related Post