Ketua DPRD Prov. Sumsel dan Menteri Perhubungan RI Bahas Bandara SMB II Layani Haji Dan Umrah Langsung Arab Saudi

128 0

JAKARTA, 25/1/2023

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang akan kembali bisa melayani Jemaah Haji dan Umrah terbang langsung dengan tujuan Arab Saudi.

Penerbangan langsung untuk layanan haji dan umrah ini sempat disetop lantaran pandemi covid-19 melanda dunia.

Tentu saja kabar ini memberi angin segar bagi kaum muslimin di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terutama yang hendak menunaikan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci.

Kepastian itu langsung disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi saat menerima kunjungan kerja Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan Hj Anita Noeringhati dan rombongan.

Ikut mendampingi Anita antara lain Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Muslim Penyelengara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) H Juremi Cipto Slamet.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Dr H Aufa Syahrizal SP MSc didampingi Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan Agung Saputro SS, dan Executive General Manager (EGM) Bandara SMB II R Iwan Winaya Mahdar.

“Silahkan untuk jemaah umrah Sumsel saya sarankan terbang dari Bandara SMB II dengan unlimited flight (penerbangan tanpa batas),” tutur Menhub Budi Karya Sumadi di hadapan tetamunya.

Selain lebih hemat sambung Budi, dengan melalui Bandara SMB II juga bisa mengurai kepadatan Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta.

Menanggapi pernyataan Menhub, Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati mengucapkan syukur atas kebijakan yang diberikan.

“Ini saya selalu ditangisi (menjadi tempat mengadu, Red) oleh kawan-kawan penyelenggara haji dan umrah serta travel, untuk diminta dibuka penerbangan langsung ke Tanah Suci,” ucap Anita.

“Nah alhamdulillah, seperti yang disampaikan langsung Menhub, Bapak Budi Karya Sumadi, sekarang sudah diberi izin,” timpalnya.

Lebih lanjut Anita meminta semua pihak untuk mempersiapkan semua hal terkait dibukanya kembali penerbangan langsung dari SMB II ke Arab Saudi agar pelayanan kepada jemaah haji dan umrah bisa maksimal.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD AMPHURI Sumbagsel H Juremi Cipto Slamet mengatakan, sebelum pandemi covid-19 penerbangan umrah bisa langsung dari Palembang langsung ke Mekkah atau Jeddah, Arab Saudi.

Namun sekarang harus ke Jakarta dulu.

“Dan tentunya hal tersebut akan menambah beban biaya jemaah, kami berharap penerbangan untuk umrah bisa dikembalikan seperti semula,” tukas Jeremi.

Kepala Disbudpar Sumsel H Aufa Syahrizal ikut menyatakan rasa syukurnya atas kebijakan Menhub RI Budi Karya Sumadi kembali membuka rute terbang langsung dari Bandara SMB II Palembang tujuan Bandara Internasional King Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah Arab Saudi.

Dan dari Bandara SMB II Palembang tujuan Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah Arab Saudi.

“Alhamdulillah Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di Bandara SMB 2 beberapa bulan yang lalu, serta perjuangan Tim Entry Point Internarsional SMB II yang dikomandoi Ketua DPRD Sumsel Ibu Anita Noeringhati,” beber Aufa.

Menurut Aufa, selangkah telah membuahkan hasil dengan pernyataan langsung dari Menhub Budi Karya saat audiensi di ruang Rapat Kemenhub RI yang mengizinkan dibukanya kembali penerbangan langsung Haji atau Umrah dari Bandara SMB II menuju Jeddah atau Madinah.

Sehingga kebijakan ini kata Aufa, akan memberikan kemudahan bagi para jemaah Haji dan Umrah.

Selanjutnya dia mengharapkan kebijakan ini juga akan berlanjut dengan dibukanya kembali jalur penerbangan internasional utamanya dari Malaysia dan Singapore.

Termasuk jalur penerbangan dari Palembang ke berbagai provinsi di Indonesia dan atau sebaliknya yang sempat terhenti karena kondisi pandemi Covid-19.

“Dengan dibukanya kembali jalur penerbangan langsung ini, tentunya juga akan berdampak kepada peningkatan arus wisatawan ke Sumsel serta peningkatan aktivitas perekonomian di berbagai sektor,” tukas Aufa.

Sehari sebelumnya, Selasa, 24 Januari 2023, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati bersama rombongan melakukan audiensi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Dengan misi yang sama berkaitan dengan Entry Point Internasional Bandara SMB II Palembang, audiensi berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Rombongan diterima langsung oleh Deputi V Bidang Pariwisata Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Audiensi ini dalam upaya meminta Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi agar membuka kembali jalur penerbangan international dan domestik secara langsung dari dan ke Bandara SMB II dari berbagai Negara dan Provinsi se-Indonesia.

Upaya ini tidak lain untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan.

Related Post